Mencoba Fitur Cruise Control di Nissan Navara VL MT

By : Anton Hari Wirawan



Sebagai tipe tertinggi, Nissan Navara VL bertabur fitur yang cukup lengkap. Meski menyandang status sebagai mobil pikap double cabin yang identik dengan kendaraan niaga, mobil ini sudah dilengkapi fitur cruise control. Auto Bild mencoba fitur Cruise Control di Nissan Navara VL MT.

Seperti kita ketahui bersama, fitur ini mampu meringankan tugas pengemudi untuk menahan pedal gas di kecepatan konstan. Tinggal set di kecepatan tertentu, mobil akan melaju konstan.

Nissan Navara VL Manual

Fitur cruise control ini juga ada di tipe VL dengan transmisi manual. Jika di transmisi otomatis, percepatan dan perlambatan laju kendaraan sesuai keinginan Anda, bukan jadi masalah. Hal itu dimungkinkan karena perpindahan gigi dilakukan secara otomatis.

Lain halnya dengan transmisi manual. Anda hanya bisa melaju konstan di rentang kecepatan yang lebih sempit. Mengapa? Karena fitur cruise control akan otomatis nonaktif saat Anda menginjak pedal kopling.

Percepatan memang tetap bisa Anda lakukan via tombol cruise control, tapi jika kecepatan terlalu tinggi, putaran mesin juga semakin meningkat dan menuntut Anda untuk menginjak kopling untuk berpindah gigi. Jadi, sebaiknya posisikan kecepatan dengan posisi gigi yang sesuai, sebelum menggunakan fitur cruise control di mobil bertransmisi manual.
Previous
Next Post »